0

Manusia Hidup Bukan Dari Roti Saja, Tapi Dari Firman Allah

11 Mar 2013 by Admin in Renungan

Mat 4:4, Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.

Saya mecoba memahami arti dari Firman Tuhan diatas karena begitu terkenal diucapkan banyak orang dan menjadi kata-kata Tuhan Yesus sendiri ketika melawan iblis dipadang gurun.

Awalnya iblis menawarkan Yesus mengubah batu menjadi roti karena dia tahu Yesus lapar setelah berpuasa 40 hari dan 40 malam.

Coba kita renungkan. Disini kita lihat, iblis tahu persis kebutuhan dasar kita dan oleh karena desakan rasa lapar (akan kebutuhan) kita maka ditawarkanlah cara paling instan yaitu mengubah batu jadi roti (mengandalkan segala cara) untuk memenuhi kebutuhan dasar kita.

Yesus dicobai dipadang gurunItulah intinya, ketika kita terdesak akan sesuatu yang kita butuhkan bahkan inginkan kita digoda (ditawarkan) untuk mengambil keputusan yang instan tanpa pikir panjang lagi akan akibatnya. Kita menjadi lupa menerapkan Firman Tuhan dan keputusan dan tindakan kita.

Misalnya, salah satu contoh karena saya bergerak dalam bisnis online maka saya memberikan contoh ini. Jika anda perhatikan, banyak orang menjual produk secara online baik produk fisik maupun digital. Coba anda perhatikan kebanyakkan (umumnya) penjual akan menuliskan :

 

Ayo buruan beli barang ini, karena tinggal 3 saja untuk harga Rp. 100 ribu. Padahal biarpun yang beli sudah lebih dari 3 tetap saja harga Rp. 100 ribu itu masih ada.

Ayo ikut pertemuan presentasi bisnis online ini, SEGERA tinggal 3 kursi lagi untuk harga RP. 2 juta. Padahal mereka masih masih terus pendaftaran.

Mungkin bagi penjual, itu adalah teknik marketing katanya. Tapi bagi saya itu adalah pembohongan publik. Memang orang akan segera mendaftarkan emailnya, bahkan membayar untuk membeli produk. Dan penjual mendapat keuntungan yang luar biasa karena “menciptakan desakan” SEGERA mengambil keputusan.

Tapi bagi saya, teknik ini tidak saya terapkan karena saya merasa jika melakukan ini memang UNTUNG buat saya (instan) tapi saya masih ingat apa yang Tuhan ajarkan :

Mat 4:4, Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.

Kita tidak hanya diajarkan sekedar cari untung saja, tapi harus dilakukan dengan cara yang benar sesuai kebenaran Firman Tuhan. Biarlah saja untung tidak terlalu banyak, namun melakukannya sesuai Firman Tuhan yang sudah menolong dan menebus kita.

Ada lagi contoh lain :

Ada orang tua yang menjual asuransi dan karena berprestasi akhir mendapat bonus jalan-jalan ke Amerika. Masalahnya, bonus itu cair pada saat anaknya harus mengikuti ujian tengah semester (UTS). Namun yang menarik, mereka tetap membawa anaknya ikut jalan-jalan ke Amerika sehingga tidak mengikuti UTS, alasannya “rugi kalau tidak pergi, kapan lagi”. Benarkan hal ini? Anda sendiri yang renungkan.

Ingat, Tuhan Yesus katakan : Mat 4:4, Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.

Masih banyak contoh lain dikehidupan sehari-hari. Bisa tentang bisnis, usaha, anak-anak dalam belajar, dan lain-lain.

Kita ingin SEGERA memenuhi kebutuhan kita karena ada KESEMPATAN, tapi JANGAN lupa KEBENARAN Firman Tuhan.

Iblis menawarkan hal ini setiap saat ada kesempatan, maka tunduklah kepada Allah dan lawan iblis maka dia akan lari daripadamu.

[magicactionbox id="873"]

SHARE

  • 187 Views

THIS ARTICLE IS WRITTEN BY

Admin

Seorang blogger yang senang menulis dan dengan senang hati melayani anda melalui blog PenginjilanOnline.com

Author Profile

Post a comment